My AO’s Experience

by piuskw on 24/09/2016

Halo semua, selamat datang kembali di blog saya, kali ini saya akan membahas pengalaman AO saya selama 2 minggu kemarin. Dimulai dari tanggal 5 September 2016, AO atau Academic Orientation berakhir pada tanggal 16 September 2016. Berbeda dengan GO atau General Orientation yang diadakan sebelumnya, AO lebih mengajarkan para mahasiswa baru dengan materi materi perkuliahan yang akan datang. Oleh karena itu, bisa dibilang AO merupakan persiapan bagi para mahasiswa baru dalam mengenali materi-materi dasar perkuliahan.

Kelas pertama saya saat AO adalah kelas besar. Lokasinya di auditorium. Disini para mahasiswa jurusan Teknik Informatika mulai mempelajari dasar pemgrograman, yaitu algoritma. Suasana di auditorium terasa nyaman, dingin, dengan kursi yang empuk. Jelas kondisi seperti ini menjadi dambaan para mahasiswa. Tidak terkecuali  bagi siswa yang sedang dalam kondisi mengantuk. 🙂

Setelah sesi di kelas besar, Para mahasiswa  jurusan teknik informatika dipecah kedalam kelas-kelas kecil. Kelas kecil saya di masa AO berbeda dengan kelas saya selama GO. Kelas AO merupakan gabungan sebagian kelas saya saat GO, dan ditambah sebagian dari 1 kelas lain saat GO. Seperti saat GO, hal yang dilakukan pertama kali di kelas kecil saya di masa AO adalah memperkenalkan diri. Saya mendapat banyak teman baru dari kelas yang baru ini.

Dan dimasa AO ini, mahasiswa benar-benar langsung diajar oleh dosen. Saya diajar oleh beberapa dosen yang berbeda. Semuanya terkesan baik, baik dalam penampilan ataupun cara mengajar. Beberapa dosen memiliki keunikannya sendiri. Salah satunya adalah pak Andre. Tingkah lakunya dapat mengundang geli bagi para mahasiswa. Tetapi cara mengajarnya baik dan mudah dipahami.

Setelah 2 minggu belajar pada masa AO, para mahasiswa diharuskan mengikuti tes akhir masa AO, dimana materi-materi yang diujikan adalah     materi yang telah dipelajari selama AO 2 minggu sebelumnya. Saya dan teman-teman benar-benar mempersiapkan diri. Mulai dari belajar sendiri, hingga diajari kakak BC yang membimbing pada masa GO.

Tes yang diujikan terkesan sulit. Tetapi meskipun begitu tidak sedikit yang berpendapat bahwa tes tersebut mudah. Saya pribadi menganggap tes itu lumayan sulit. Untuk keseluruhan, masa AO berjalan dengan lancar, menyenangkan, dan terasa bermanfaat bagi saya pribadi.

 

pius.wiatmojo@binus.ac.id

No comments yet.

Write a comment: